SILABUS
KELAS : VIII
SEMESTER 1 & 2
Mata Pelajaran : Matematika
Silabus
Sekolah
: SMP .....
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : Matematika
Semester : I(satu)
Standar Kompetensi :
ALJABAR
1.
Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||||||||||||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||||||||||
1.1
Melakukan operasi aljabar
|
Bentuk aljabar
|
Mendiskusikan
hasil operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar (pengulangan)
|
· Menyelesaikan operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Berapakah:
(2x + 3) + (-5x
– 4)
|
2x40mnt
|
Buku teks
|
||||||||||
|
|
Mendiskusikan
hasil operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar (pengulangan)
|
· Menyelesaikan operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Berapakah
(-x + 6)(6x – 2)
|
2x40mnt
|
|
||||||||||
1.2 Mengurai kan bentuk aljabar ke dalam faktor-fakthornya
|
Bentuk aljabar
|
Mendata faktor
suku aljabar berupa konstanta atau variabel
|
· Menentukan faktor suku aljabar
|
Tes lisan
|
Pertanyaan
|
Sebutkan variabel pada bentuk berikut:
|
2x40mnt
|
|
||||||||||
|
|
Menentukan
faktor-faktor bentuk aljabar dengan cara menguraikan bentuk aljabar tersebut
|
· Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Faktorkanlah 6a - 3b + 12
|
2x40mnt
|
|
||||||||||
1.3 Memahami relasi dan fungsi
|
Relasi dan fungsi
|
Menyebutkan hubungan yang merupakan suatu fungsi
melalui masalah sehari-hari, misal hubungan antara nama kota dengan
negara/propinsi, nama siswa dengan ukuran sepatu
|
· Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan relasi dan fungsi
|
Tes lisan
|
Pertanyaan
|
Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang
berkaitan dengan fungsi!
|
2x40mnt
|
Buku teks
Lingkungan
|
||||||||||
|
|
Menuliskan
suatu fungsi menggunakan notasi
|
· Menyatakan suatu fungsi dengan notasi
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Harga gula 1 kg Rp 5600,00. Harga a kg gula 5600 a rupiah.Nyatakan dalam bentuk fungsi
a !
|
1x40mnt
|
|
||||||||||
1.4 Menentu kan nilai fungsi
|
Fungsi
|
Mencermati cara
menghitung nilai fungsi dan menghitungnya
|
· Menghitung nilai fungsi
|
Tes tulis
|
Tes isian
|
Jika f(x) = 4x -2 maka nilai f(3)=....
|
1x40mnt
|
|
||||||||||
|
|
Menyusun suatu
fungsi jika nilai fungsi dan data fungsi diketahui
|
· Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Jika f(x) = px + q, f(1) = 3 dan
f(2) = 4 tentukan f(x).
|
2x40mnt
|
|
||||||||||
1.5 Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius
|
Fungsi
|
2.1 Membuat tabel pasangan antara nilai peubah dengan
nilai fungsi
Menggambar
grafik fungsi aljabar dengan cara menentukan koordinat titik-titik pada
sistem koordinat Cartesius
|
· Menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi
Menggambar
grafik fungsi pada koordinat Cartesius
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes isian
Tes uraian
|
Diketahui f(x) = 2x + 3. Lengkapilah tabel berikut:
Dengan menggunakan tabel gambarlah grafik fungsi yang
dinyatakan f(x) = 3x -2
|
2x40mnt
2x40mnt
|
|
||||||||||
1.6 Menentu kan gradien, persamaan garis lurus
|
Garis Lurus
|
Menemukan pengertian dan nilai gradien suatu garis
dengan cara menggambar beberapa garis lurus pada kertas berpetak
|
Mengenal
pengertian dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Disajikan gambar beberapa garis pada kertas berpetak.
Tentukan gradien garis-garis tersebut!
|
2x40mnt
|
|
||||||||||
|
|
Menemukan cara menentukan persamaan garis yang melalui
dua titik, melalui satu titik dengan gradien tertentu
|
·
Menentukan persamaan
garis lurus yang melalui dua titik, melalui satu titik dengan gradien
tertentu
|
Tes tulis
|
Tes isian
|
Persamaan garis yang melalui titik (2,3) dan mempunyai
gradien 2 adalah ... .
|
2x40mnt
|
|
||||||||||
|
|
Menggambar garis lurus jika
- melalui dua titik
- melalui satu titik dengan gradien tertentu
- persamaan garisnya diketahui
|
·
Menggambar grafik
garis lurus
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Gambarlah garis lurus dengan persamaan y = 2x - 4
|
2x40mnt
|
|
Standar Kompetensi :
ALJABAR
2. Memahami sistem persamaan linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1
Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel
|
Sistem Persamaan Linear Dua variabel
|
Mendiskusikan
pengertian PLDV dan SPLDV
|
·
Menyebutkan perbedaan
PLDV dan SPLDV
|
Tes lisan
|
Daftar
pertanyaan
|
Bentuk
4x + 2 y = 2
x – 2y = 4
a. Apakah merupakan sistem persamaan?
b. Ada berapa variabel?
c. Apakah variabelnya?
d. Disebut apakah bentuk tersebut?
|
2x40mnt
|
Buku teks dan lingkungan
|
|
|
Mengidentifikasi
SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
|
· Mengenal SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Manakah yang merupakan SPLDV?
a. 4x + 2y = 2
x – 2y = 4
b.
4x + 2y ≤ 2
x – 2y = 4
c. 4x + 2y
> 2
x – 2y = 4
d. 4x + 2y – 2 = 0
x – 2y – 4 = 0
|
2x40mnt
|
|
|
|
Menyelesaikan
SPLDV dengan cara substitusi dan eliminasi
|
·
Menentukan akar SPLDV
dengan substitusi dan eliminasi
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Selesaikan SPLDV berikut ini
3x – 2y = -1
-x + 3y = 12
|
2x40mnt
|
|
2.2 Membuat model matemati ka dari masalah yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
|
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
|
1.1 Mengubah masalah sehari-hari ke dalam model matematika berbentuk SPLDV
|
·
Membuat model
matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Harga 4 pensil dan 5 buku tulis Rp19 000,00 sedangkan harga 3 pensil
dan 4 buku tulis Rp 15 000,00. Tulislah model matematikanya.
|
2x40mnt
|
|
2.3Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan
sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya
|
Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel
|
Mencari penyelesaian suatu masalah yang dinyatakan dalam model matematika
dalam bentuk SPLDV
|
- Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem
persamaan linear dua variabel dan penafsirannya
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Selesaikan SPLDV berikut:
2x + 3y = 8
5x - 2y =1
|
2x40mnt
|
|
|
|
Menggunakan grafik garis lurus untuk menyelesaikan
model matematika yang berkaitan dengan SPLDV dan menafsirkan hasilnya
|
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Selesaikan SPLDV
4x + 5y = 19
3x + 4y = 15 dengan menggunakan grafik garis lurus dan
merupakan apakah hasilnya?
|
4x40mnt
|
|
Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
Geometri dan Pengukuran
3.1 Mengguna kan Teorema Pythagoras dalam pemecahan
masalah
|
Teorema Pythagoras
|
Menemukan
Teorema Pythagoras dengan menggunakan persegi-persegi
|
·
Menemukan Teorema
Pythagoras
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Jika panjang sisi siku-siku suatu segitiga adalah a cm
dan b cm, dan panjang sisi miring c cm, maka tuliskan hubungan antara a, b,
dan c.
|
2x40mnt
|
Buku teks, kertas berpetak, model Pythagoras
|
|
|
Menuliskan
rumus Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku
|
·
Menghitung panjang
sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Panjang salah satu sisi siku-siku 12 cm, dan panjang
sisi miring 13 cm. Hitunglah panjang sisi siku-siku yang lain
|
2x40mnt
|
|
|
|
Menerapkan
Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku dengan sudut istimewa
|
·
Menghitung
perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku istimewa (salah satu sudutnya 300,
450, 600)
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Segitiga ABC siku-siku di B. Sudut A = 300
dan panjang AC = 6 cm. Hitunglah panjang sisi AB dan BC.
|
4x40mnt
|
|
3.2 Memecahkan
masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras
|
Teorema Pythagoras
|
Mencari
perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa dengan menggunakan teorema
Pythagoras
|
·
Menghitung
perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa
|
Tes tulis
|
Tes Uraian
|
Suatu segitiga ABC siku-siku di B. Sudut A = 300
Panjang sisi AB = c cm. Hitung panjang sisi-sisi BC dan AC.
|
2x40mnt
|
|
|
|
Menggunakan teorema Pythagoras untuk
menghitung panjang diagonal ,sisi, pada bangun datar, misal persegi, persegi
panjang, belah ketupat, dsb
|
·
Menghitung panjang
diagonal pada bangun datar, misal persegi, persegi panjang, belah ketupat,
dsb
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Suatu persegi panjang mempunyai panjang 8 cm dan lebar
6 cm. Hitunglah panjang diagonalnya.
|
6x40mnt
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
....... ......................,
.......................200...
Guru mata pelajaran
............................................ ...................................................
NIP/NRK ........................... NIP/NRK
...........................
Silabus
Sekolah
: SMP ....
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : Matematika
Semester : II(dua)
Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1 Menentu kan unsur dan bagian-bagian lingkaran
|
Lingkaran
|
Mendiskusikan unsur-unsur
dan bagian-bagian lingkaran dengan menggunakan model
|
·
Menyebutkan
unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran : pusat lingkaran, jari-jari,
diameter, busur, talibusur, juring dan tembereng.
|
Tes lisan
|
Daftar
pertanyaan
|
C
D
Disebut apakah garis CD?
|
2x40mnt
|
Buku teks, model lingkaran, dan lingkungan
|
4.2 Menghitung
keliling dan luas lingkaran
|
Lingkaran
|
Menyimpulkan
nilai phi dengan menggunakan benda yang berbentuk lingkaran
|
·
Menemukan nilai phi
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja
produk
|
Ukurlah keliling (K) sebuah benda berbentuk lingkaran
dan juga diameternya (d).
Berapakah nilai
|
2x40mnt
|
|
|
|
Menemukan rumus
keliling dan luas lingkaran dengan menggunakan alat peraga
|
·
Menentukan rumus
keliling dan luas lingkaran
|
Tes lisan
|
Pertanyaan
|
Sebutkan rumus keliling lingkaran yang berjari-jari p.
Sebutkan rumus luas lingkaran yang berjari-jari q.
|
4x40mnt
|
|
|
|
Menggunakan
rumus keliling dan luas lingkaran
dalam pemecahan masalah
|
·
Menghitung keliling
dan luas lingkaran.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Hitunglah luas lingkaran jika ukuran jari-jarinya 14
cm.
|
4x40mnt
|
|
4.3 Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur,
luas juring dalam pemecahan masalah
|
Lingkaran
|
Mengamati
hubungan sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama
|
·
Mengenal hubungan
sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama
|
Tes lisan
|
Tes isian
|
Jika sudut A adalah sudut pusat dan sudut B adalah
sudut keliling, sebutkan hubungan antara sudut A dan sudut B jika kedua sudut
itu menghadap busur yang sama.
|
2x40mnt
|
|
|
|
Menghitung
besar sudut keliling jika menghadap diameter atau busur yang sama
|
·
Menentukan besar sudut
keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama.
|
Tes lisan
|
Pertanyaan
|
Berapa besar sudut keliling jika menghadap diameter
lingkaran?
|
2x40mnt
|
|
|
|
Menghitung
panjang busur, luas juring dan tembereng
|
·
Menentukan panjang
busur, luas juring dan luas tembereng.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Di dalam lingkaran dengan jari-jari 12 cm, terdapat
sudut pusat
yang besarnya 900
Hitunglah: a.
Panjang busur kecil
b. luas juring kecil
|
4x40mnt
|
|
|
|
Menemukan
hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Seorang anak harus minum tablet yang berbentuk
lingkaran. Jika anak tersebut harus minum 1/3 tablet itu dan ternyata
jari-jari tablet 0,7 cm. Berapakah luas tablet yang diminum?
|
4x40mnt
|
|
4.4 Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua
lingkaran
|
Lingkaran
|
Mengamati sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui
titik pusat.
|
·
Menemukan sifat sudut
yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Perhatikan gambar!
O P
Q
Berapakah besar sudut R?
Mengapa?
|
2x40mnt
|
|
|
|
Mencermati
garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran
|
·
Mengenali garis
singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Perhatikan gambar!
A
K B
P. Q.
L
Disebut apakah:a) garis AB?
b) garis KL?
|
2x40mnt
|
|
|
|
Menghitung
panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran
|
·
Menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam
dan persekutuan luar
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Panjang jari-jari dua lingkaran masing-masing 7cm dan
1cm. Jika jarak antara titik pusatnya 10cm, berapakah panjang garis singgung:
a) persekutuan dalam
b) persekutuan luar
|
4x40mnt
|
|
4.5 Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu
segitiga
|
Lingkaran
|
Menggunakan
jangka dan penggaris untuk melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar
segitiga
|
·
Melukis lingkaran
dalam dan lingkaran luar segitiga
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Dengan menggunakan jangka dan penggaris, lukislah
lingkaran:
a) dalam suatu segitiga
b) luar suatu segitiga
|
4x40mnt
|
|
Standar Kompetensi :
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya,
serta menentukan ukurannya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1 Mengiden
tifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan
limas serta bagian-bagiannya
|
Kubus, balok, prisma tegak, limas
|
Mendiskusikan unsur-unsur kubus, balok, prisma dan limas dengan
menggunakan model
|
·
Menyebutkan
unsur-unsur kubus, balok, prisma, dan limas : rusuk, bidang sisi, diagonal
bidang, diagonal ruang, bidang diagonal.
|
Tes lisan
|
Daftar
pertanyaan
|
W V
T U
S R
P Q
Perhatikan balok PQRS-TUVW
a.Sebutkan rusuk-rusuk tegaknya
b. Sebutkan diagonal ruangnya
Sebutkan bidang alas dan atasnya
|
2x40mnt
|
Buku teks, lingkungan, model bangun ruang sisi datar
(padat dan kerangka)
|
5.2 Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan
limas
|
Kubus, balok, prisma tegak, limas
|
Merancang jaring-jaring
- kubus
- balok
- prisma tegak
- limas
|
·
Membuat jaring-jaring
- kubus
- balok
- prisma tegak
- limas
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja
produk
|
Buatlah model balok menggunakan karton manila
|
4x40mnt
|
|
5.3 Menghitung luas permukaan dan volume kubus,balok,
prisma dan limas
|
Kubus, balok, prisma tegak, limas
|
Mencari rumus
luas permukaan kubus, balok, limas dan prisma tegak
|
·
Menemukan rumus luas
permukaan kubus, balok, limas dan prisma tegak
|
Tes lisan
|
Daftar
pertanyaan
|
1.Sebutkan rumus luas permukaan kubus jika rusuknya x
cm.
2. Sebutkan rumus luas permukaan prisma yang alasnya
jajargenjang dengan panjang alasnya a cm dan tingginya b cm. Tinggi prisma t
cm.
|
4x40mnt
|
|
|
|
Menggunakan rumus untuk menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma dan
limas
|
·
Menghitung luas
permukaan kubus, balok, prisma dan limas
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Suatu prisma tegak sisi – 3 mempunyai panjang rusuk
alas 6 cm dan tingginya 8 cm. Hitunglah luas permukaan prisma
|
2x40mnt
|
|
|
|
Mencari rumus volume kubus, balok, prisma, limas.
|
·
Menentukan rumus volum
kubus, balok, prisma, limas
|
Tes lisan
|
Pertanyaan
|
1. Sebutkan rumus volum:
a) kubus dengan panjang rusuk x cm.
b) balok dengan panjang pcm, lebar lcm, dan tinggi tcm.
|
2x40mnt
|
|
|
|
Menggunakan rumus untuk menghitung volume kubus, balok,
prisma, limas.
|
·
Menghitung volume
kubus, balok, prisma, limas.
|
Tes tulis
|
Tes pilihan
ganda
|
Suatu limas tegak sisi-4 alasnya berupa persegi dengan
panjang sisi 9 cm. Jika tinggi limas 8 cm maka volume limas :
|
6x40mnt
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
....... ......................,
.......................200...
Guru mata pelajaran
............................................ ...................................................
NIP/NRK
........................... NIP/NRK
...........................
0 komentar:
Posting Komentar
Guna Pengembangan Blog ini admin mohon komentarnya_terimakasih.