SISTEMATIKA
PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI
JENIS
PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
HALAMAN SAMPUL
…………………………………….
…………………………………….
…………………………………….
…………………………………….
…………………………………….
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
B.
Rumusan Masalah
C.
Tujuan
Penelitian
D.
Manfaat Penelitian
E.
Batasan
Penelitian
F.
Definisi
Operasional
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A.
………………..
B.
………………..
C.
………………..
D.
………………..
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
B.
Kehadiran dan
Peran Peneliti di Lapangan
C.
Lokasi Penelitian
D.
Subjek
Penelitian
E.
Data dan Sumber
Data
F.
Pengumpulan
Data
G.
Analisis Data
H.
Prosedur
Penelitian
BAB
IV PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN
A.
Paparan
Data
B.
Temuan
Penelitian
1.
Temuan
Tiap Siklus
2.
Temuan
Lengkap
BAB V PEMBAHASAN
A.
………………..
B.
………………..
BAB
VI PENUTUP
A.
Kesimpulan
B.
Saran-saran
DAFTAR RUJUKAN
LAMPIRAN-LAMPIRAN
KETERANGAN:
PENDAHULUAN
Latar Belakang
-
Berisi tentang
uraian permasalahan kualitas pembelajaran di suatu sekolah atau kelas yang
memerlukan perbaikan.
-
Tunjukkan
kesenjangan antara idealisme teori dan fakta empiris yang terjadi dalam proses
pembelajaran.
-
Kesenjangan
yang dimaksud hendaknya didasarkan pada observasi yang disebutkan secara jelas
waktu dan tempatnya.
-
Pilihan
pemecahan masalah yang ditawarkan harus dideskripsikan dengan jelas disertai
argumentasi yang kuat mengapa cara tersebut dipilih.
Rumusan Masalah
-
Pertanyaan
penelitian yang jawabannya akan ditemukan melalui penelitian.
Tujuan Penelitian
-
Hendaknya
diuraikan untuk mengungkap permasalahan pembelajaran, mengidentifikasi
penyebabnya dan sekaligus memberikan pemecahan masalah terhadap masalah yang
terjadi.
Manfaat Penelitian
-
Uraikan manfaat
atau pentingnya penelitian terutama bagi siswa, guru, dan sekolah.
Batasan Penelitian
-
Uraikan
beberapa hal yang dapat dicakup di dalam penelitian, misalnya hanya terbatas
pada satu kelas atau dengan membatasi banyaknya variabel yang akan dikaji.
Definisi Operasional
-
Deskripsikan
makna variable-variabel utama yang dicakup di dalam penelitian.
KAJIAN PUSTAKA
-
Kajian teoritis
dan referensi lain yang mendukung terlaksananya penelitian.
METODOLOGI PENELITIAN
Pendekatan dan Jenis Penelitian
-
Kemukakan bahwa
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif karena dalam PTK
cenderung mengarah pada penelitian kualitatif. Hal ini karena PTK memang
menunjukkan karakteristik penelitian kualitatif yang cukup kuat, terutama pada
pemaknaan apa yang terjadi dalam proses pembelajaran, baik terkait dengan
kondisi awal pembelajaran maupun yang terjadi setelah adanya tindakan.
-
Uraikan alasan
mengapa penelitian tersebut dikategorikan PTK.
Kehadiran dan Peran Peneliti di Lapangan
-
Sebutkan
kehadiran dan peran peneliti dalam penelitian, apakah peneliti merupakan guru
kelas atau berasal dari luar kelas atau luar sekolah. Jika peneliti adalah guru
kelas, maka dialah orang yang pertama yang dapat merasakan adanya masalah dan
paling berkepentingan dalam pemecahan masalah tersebut. Jika peneliti berasal
dari luar kelas (kancah penelitian), maka peneliti harus mengakrabkan diri
dengan kancah penelitian tersebut. Hal ini diperlukan waktu yang cukup lama.
-
Jika peneliti
bukan guru kelas, maka peneliti hanya dapat melakukan penelitian dengan
berkolaborasi antara peneliti dan guru atau pemilik kancah penelitian
sebenarnya.
Lokasi Penelitian
-
Uraikan lokasi
penelitian dengan jelas dan lengkap, seperti: nama dan alamat sekolah, kelas,
karakterisktik, dan lain-lain.
Subjek Penelitian
-
Uraikan secara
lengkap identitas dan karakteristik subjek penelitian.
-
Sebutkan
jumlah, komposisi, dan ciri-ciri lain yang relevan subjek penelitian.
Data dan Sumber Data
-
Uraikan data
yang akan dikumpulkan, sumber data, dan teknik pengumpulan datanya.
-
Data yang
biasanya dikumpulkan dalam PTK adalah tentang proses pembelajaran, termasuk
interaksi antara guru dan siswa. Jika diperlukan, data sebelum dan sesudah
tindakan. Kemudian data tentang hasil belajar siswa.
-
Sebutkan sumber
data dengan jelas. Dalam PTK, sumber data utama adalah siswa sebagai kumpulan
individu atau kelompok. Merekalah yang akan menampilkan suatu perubahan akibat
penerapan tindakan. Selain dari siswa, sumber data dalam PTK juga berasal dari
guru dan dalam hal tertentu adalah kepala sekolah dan staf. Selanjutnya,
situasi lingkungan juga perlu jelaskan agar data yang diperoleh kesimpulan yang
bermakna.
Pengumpulan Data
-
Uraikan langkah-langkah
untuk mengumpulkan data.
-
Data tentang
proses pembelajaran biasanya dilakukan dengan observasi, pandangan dan sikap
dengan kuesioner, hasil belajar dengan tes dan cara-cara assesmen yang lain.
Analisis Data
-
Analisis dalam
PTK cenderung mengikuti cara analisis data kualitatif.
-
Analisis data
yang dimaksud dalam PTK adalah refleksi.
Prosedur Penelitian
-
Uraikan
langkah-langkah penelitian mulai perencanaan sampai dilaksanakan penelitian.
PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN
Paparan Data
-
Uraikan
data sebelum pelaksanaan penelitian (data pra tindakan)
-
Uraikan
keempat tahap PTK untuk setiap siklus (perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi)
Temuan Penelitian
-
Sebutkan
intisari dari sajian data yang telah dipaparkan pada paparan data dalam bentuk
pernyataan atau kalimat singkat, padat, dan bermakna, yang merupakan temuan
penelitian
PEMBAHASAN
-
Uraikan
gagasan peneliti yang terkait dengan apa yang telah dilakukan dan diamati,
dipaparkan dan dianalisis pada bab sebelumnya.
-
Uraian
gagasan tersebut dikaitkan dengan kajian teori dan hasil-hasil penelitian yang
relevan.
PENUTUP
-
Sebutkan
temuan pokok atau kesimpulan dan saran-saran atau rekomendasi.
-
Saran
atau rekomendasi hendaknya terkait dengan pembahasan.
DAFTAR RUJUKAN
-
Sebutkan semua
sumber yang dijadikan rujukan.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
-
Lampiran
hendaknya berisi dokumen-dokumen penting yang secara langsung diperlukan.
-
Dalam PTK, yang
dilampirkan biasanya berupa: Ijin Penelitian, Telah Melaksanakan Penelitian, RPP,
LKS, Soal Tes, Skor Hasil Tes, Hasil Pengamatan Peneliti dan Siswa, Pedoman
Wawancara, Beberapa Contoh Hasil Pekerjaan Siswa, dan Dokumentasi Pelaksanaan
Pembelajaran.
0 komentar:
Posting Komentar
Guna Pengembangan Blog ini admin mohon komentarnya_terimakasih.