SISTEMATIKA PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI JENIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Written By riyadu's blogs on Selasa, 25 Maret 2014 | 22.42



SISTEMATIKA PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI
JENIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)


HALAMAN SAMPUL
…………………………………….
…………………………………….
…………………………………….
…………………………………….
…………………………………….

BAB I       PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
B.     Rumusan Masalah
C.     Tujuan Penelitian
D.    Manfaat Penelitian
E.     Batasan Penelitian
F.      Definisi Operasional

BAB II      KAJIAN PUSTAKA
A.    ………………..
B.     ………………..
C.     ………………..
D.    ………………..

BAB III    METODOLOGI PENELITIAN
B.     Kehadiran dan Peran Peneliti di Lapangan
C.     Lokasi Penelitian
D.    Subjek Penelitian
E.     Data dan Sumber Data
F.      Pengumpulan Data
G.    Analisis Data
H.    Prosedur Penelitian


BAB IV    PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN
A.    Paparan Data
B.     Temuan Penelitian
1.      Temuan Tiap Siklus
2.      Temuan Lengkap

BAB V      PEMBAHASAN
A.    ………………..
B.     ………………..

BAB VI    PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran-saran

DAFTAR RUJUKAN
LAMPIRAN-LAMPIRAN


KETERANGAN:

PENDAHULUAN
Latar Belakang
-          Berisi tentang uraian permasalahan kualitas pembelajaran di suatu sekolah atau kelas yang memerlukan perbaikan.
-          Tunjukkan kesenjangan antara idealisme teori dan fakta empiris yang terjadi dalam proses pembelajaran.
-          Kesenjangan yang dimaksud hendaknya didasarkan pada observasi yang disebutkan secara jelas waktu dan tempatnya.
-          Pilihan pemecahan masalah yang ditawarkan harus dideskripsikan dengan jelas disertai argumentasi yang kuat mengapa cara tersebut dipilih.

Rumusan Masalah
-          Pertanyaan penelitian yang jawabannya akan ditemukan melalui penelitian.

Tujuan Penelitian
-          Hendaknya diuraikan untuk mengungkap permasalahan pembelajaran, mengidentifikasi penyebabnya dan sekaligus memberikan pemecahan masalah terhadap masalah yang terjadi.

Manfaat Penelitian
-          Uraikan manfaat atau pentingnya penelitian terutama bagi siswa, guru, dan sekolah.

Batasan Penelitian
-          Uraikan beberapa hal yang dapat dicakup di dalam penelitian, misalnya hanya terbatas pada satu kelas atau dengan membatasi banyaknya variabel yang akan dikaji.

Definisi Operasional
-          Deskripsikan makna variable-variabel utama yang dicakup di dalam penelitian.

KAJIAN PUSTAKA
-          Kajian teoritis dan referensi lain yang mendukung terlaksananya penelitian.

METODOLOGI PENELITIAN
Pendekatan dan Jenis Penelitian
-          Kemukakan bahwa pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif karena dalam PTK cenderung mengarah pada penelitian kualitatif. Hal ini karena PTK memang menunjukkan karakteristik penelitian kualitatif yang cukup kuat, terutama pada pemaknaan apa yang terjadi dalam proses pembelajaran, baik terkait dengan kondisi awal pembelajaran maupun yang terjadi setelah adanya tindakan.
-          Uraikan alasan mengapa penelitian tersebut dikategorikan PTK.

Kehadiran dan Peran Peneliti di Lapangan
-          Sebutkan kehadiran dan peran peneliti dalam penelitian, apakah peneliti merupakan guru kelas atau berasal dari luar kelas atau luar sekolah. Jika peneliti adalah guru kelas, maka dialah orang yang pertama yang dapat merasakan adanya masalah dan paling berkepentingan dalam pemecahan masalah tersebut. Jika peneliti berasal dari luar kelas (kancah penelitian), maka peneliti harus mengakrabkan diri dengan kancah penelitian tersebut. Hal ini diperlukan waktu yang cukup lama.
-          Jika peneliti bukan guru kelas, maka peneliti hanya dapat melakukan penelitian dengan berkolaborasi antara peneliti dan guru atau pemilik kancah penelitian sebenarnya.

Lokasi Penelitian
-          Uraikan lokasi penelitian dengan jelas dan lengkap, seperti: nama dan alamat sekolah, kelas, karakterisktik, dan lain-lain.

Subjek Penelitian
-          Uraikan secara lengkap identitas dan karakteristik subjek penelitian.
-          Sebutkan jumlah, komposisi, dan ciri-ciri lain yang relevan subjek penelitian.

Data dan Sumber Data
-          Uraikan data yang akan dikumpulkan, sumber data, dan teknik pengumpulan datanya.
-          Data yang biasanya dikumpulkan dalam PTK adalah tentang proses pembelajaran, termasuk interaksi antara guru dan siswa. Jika diperlukan, data sebelum dan sesudah tindakan. Kemudian data tentang hasil belajar siswa.
-          Sebutkan sumber data dengan jelas. Dalam PTK, sumber data utama adalah siswa sebagai kumpulan individu atau kelompok. Merekalah yang akan menampilkan suatu perubahan akibat penerapan tindakan. Selain dari siswa, sumber data dalam PTK juga berasal dari guru dan dalam hal tertentu adalah kepala sekolah dan staf. Selanjutnya, situasi lingkungan juga perlu jelaskan agar data yang diperoleh kesimpulan yang bermakna.

Pengumpulan Data
-          Uraikan langkah-langkah untuk mengumpulkan data.
-          Data tentang proses pembelajaran biasanya dilakukan dengan observasi, pandangan dan sikap dengan kuesioner, hasil belajar dengan tes dan cara-cara assesmen yang lain.

Analisis Data
-          Analisis dalam PTK cenderung mengikuti cara analisis data kualitatif.
-          Analisis data yang dimaksud dalam PTK adalah refleksi.

Prosedur Penelitian
-          Uraikan langkah-langkah penelitian mulai perencanaan sampai dilaksanakan penelitian.




PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN
Paparan Data
-          Uraikan data sebelum pelaksanaan penelitian (data pra tindakan)
-          Uraikan keempat tahap PTK untuk setiap siklus (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi)

Temuan Penelitian
-          Sebutkan intisari dari sajian data yang telah dipaparkan pada paparan data dalam bentuk pernyataan atau kalimat singkat, padat, dan bermakna, yang merupakan temuan penelitian

PEMBAHASAN
-          Uraikan gagasan peneliti yang terkait dengan apa yang telah dilakukan dan diamati, dipaparkan dan dianalisis pada bab sebelumnya.
-          Uraian gagasan tersebut dikaitkan dengan kajian teori dan hasil-hasil penelitian yang relevan.

PENUTUP
-          Sebutkan temuan pokok atau kesimpulan dan saran-saran atau rekomendasi.
-          Saran atau rekomendasi hendaknya terkait dengan pembahasan.

DAFTAR RUJUKAN
-          Sebutkan semua sumber yang dijadikan rujukan.

LAMPIRAN-LAMPIRAN
-          Lampiran hendaknya berisi dokumen-dokumen penting yang secara langsung diperlukan.
-          Dalam PTK, yang dilampirkan biasanya berupa: Ijin Penelitian, Telah Melaksanakan Penelitian, RPP, LKS, Soal Tes, Skor Hasil Tes, Hasil Pengamatan Peneliti dan Siswa, Pedoman Wawancara, Beberapa Contoh Hasil Pekerjaan Siswa, dan Dokumentasi Pelaksanaan Pembelajaran.
Blog, Updated at: 22.42

0 komentar:

Posting Komentar

Guna Pengembangan Blog ini admin mohon komentarnya_terimakasih.