المفعول المطلق

Written By riyadu's blogs on Rabu, 19 Maret 2014 | 20.44



المفعول المطلق
v المفعول المطلق : isim yang dibaca nashob yang disebutkan setelah fi’il dari lafadz fi’il tersebut dan bertujuan untuk:
1.         التّوكيد (mengukuhkan): حفِظتُ الدّرسَ حفظًا , وكلّم الله موسى تكليمًا
2.         مبيّنة النّوع (menjelaskan jenis): سرتُ سير العُقٌلاءِ
3.         مبيّنة العدد (menjelaskan bilangan): وقفتُ وقفتين , ضربتُ زيدًا ثلاثَ ضرباتٍ
4.         بدلاً من التَّلَفُّظِ بفعله (menghendaki ma’na selain dari 3 di atas): صَبْرًا عَلَى الشَّدَاءِد.

v Dilihat dari segi ma’nanya, maf’ul muthlaq dibagi menjadi 2 yaitu:
1.         المُبْهَم: mashdar yang sama ma’nanya dengan ma’na fi’ilnya tanpa tambahan atau pengurangan. Adapun mashdar ini untuk menghendaki ma’na mengukuhkan, contoh: قُمْتُ قِيَامًا , ضَرَبْتُ اللَّصَّ ضَرْبًا atau untuk بدلاً من التَّلَفُّظِ بفعله, contoh: اِيْمَانًا لَا كُفْرًا , سَمْعًا وَ طَاعَةً.
Oleh karena itu tidak dibolehkan mentatsniyahkan dan menjama’kan مصدر المبهم, karena pada bentuk المؤكد, mashdar jatuh pada tempat pengulangan fi’il. Sedangkan pada bentuk بدلاً من التَّلَفُّظِ بفعله, mashdar menempati tempat fi’il itu sendiri.
2.         المُخْتَص: mashdar yang ma’nanya bertambah atas ma’na fi’ilnya untuk menghendaki ma’na menjeniskan ataupun membilangkan.

v ‘Amil yang masuk pada المفعول المطلق:
1.         Fi’il yang dapat ditashrif dengan sempurna:  حَفِظْتُ الدَّرْسَ حِفْظًا.
2.         الصفة المشتققة: رَأَيْتُهُ مُسْرِعًا اِسْرَاعًا عَظِيْمًا.
3.         Mashdar: فَمَنْ تَبِعَكَ مِنْهُمْ فَإِنَّ جَهَنَّمَ جَزَاؤُكُمْ جَزَاءً مَوْفُوْرًا.


أحكام المفعول المطلق
1.         Wajib dibaca nashob, seperti: اِغْتَسَلْتُ غُسْلًا.
2.         Wajib jatuh setelah ‘amil, bila المفعول المطلق bertujuan untuk mengukuhkan. Bila المفعول المطلق menjelaskan jenis atau bilangan, maka المفعول المطلق boleh disebutkan sebelum atau sesudah ‘amil, kecuali bila المفعول المطلق berupa استفهام atau شرط maka wajib mendahulukan المفعول المطلق atas ‘amilnya.
3.         Boleh membuang ‘amilnya jika المفعول المطلق untuk menjelaskan jenis maupun bilangan dan berkedudukan sebagai jawab/adanya dalil yang menunjukkan pada ‘amil, contoh: كم ضربتَ زيدًا؟ ضربتَيْنِ.
Adapun pada bentuk التأكيد tidak diperbolehkan membuang ‘amil المفعول المطلق. Dikarenakan bila membuang ‘amil tersebut maka akan menafikan faedah menguatkan dan mengukuhkan.

النائب عن المصدر

Kalimat yang bisa menjadi المفعول المطلق yaitu:
1.         اسم المصدر contoh: أَعْطَيْتُكَ عَطَاءً , سَلَّمْتُ سَلَامًا.
2.         Sifat dari المفعول المطلق contoh: سِرْتُ أَحْسَنَ السَّيْرِ bentuk asalnya سِرْتُ سَيْرًا أَحْسَنَ السَّيْرِ. اُذْكُرُوا اللهَ كَثِيْرًا bentuk asalnya: اُذْكُرُوا اللهَ ذِكْرًا كَثِيْرًا.
3.         Dlomir yang kembali pada mashdar contoh: فَإِنِّى أُعَذِّبُهُ عَذَابًا لآأُعَذِّبُهُ أَحَدًا مِنَ العَالَمِيْنَ bentuk asalnya فَإِنِّى أُعَذِّبُهُ عَذَابًا لآأُعَذِّبُ العَذَابَ أَحَدًا مِنَ العَالَمِيْنَ.
4.         Mashdar yang bersinonim dengannya, contoh: قَعَدْتُ جُلُوسًا Lafadz الجلوس sama artinya dengan القعود.
5.         Kalimat yang menunjukkan jenis, contoh: سِرْتُ سَيْرَ زَيْد , رَجَعَ القَهْقَرَى.
6.         Kalimat yang menunjukkan bilangan, contoh: فَاجْلِدُوهُمْ ثَمَانِيْنَ جَلْدَةً.
7.         Kalimat yang menunjukkan alat suatu pekerjaan, contoh: رَشَقْتُ العَدُوَّ سَهْمًا..
8.         ما dan أي istifham, contoh: مَا أَكْرَمْتَ خَالِدًا؟ , وَسَيَعْلَمُ الَّذِيْنَ ظَلَمُوا أَيَّ مُنْقَلَبٍ يَنْقَلِبُوْنَ.
9.         ما مهما أي الشرطيات yang menjazemkan dua isim contoh: ماَ تَجْلِسْ أَجْلِسْ , مَهْمَا تَقِفْ أَقِفْ , أَيَّ سَيْرٍ تَسِرْ أَسِرْ.
10.     كل , بعض , أي الكمَالِيَّة yang dimudhofkan pada mashdar, contoh: فَلَا تَمِيْلُوا كُلَّ المَيْلِ ,  إِجْتَهَدْتُ أَّيَّ اجْتِهَادٍ , سَعِيْتُ بَعْضَ السَّعْيِ.
11.     اسم الإشارة yang disifatkan/diisyarohkan pada mashdar, contoh: أَكْرَمْتُهُ ذلك الِإكْرَام  , قُلْتُ ذَلك القَوْلَ , هَلْ اِجْتَهَدْتَ اِجْتِهَادًا حَسَنًا؟ اِجْتَهَدْتُ ذلِكَ.

المصدر النائب عن فعله
Yaitu mashdar yang berkedudukan sebagai pengganti fi’ilnya (بدلاً من التَّلَفُّظِ بفعله):
1.         Mashdar yang menduduki tempatnya fi’il amar, contoh: صَبْرًا عَلَى الأَذَى فِى المَجد , بَلْهًا الشَّرّ.
2.         Mashdar yang menduduki tempatnya fi’il nahi, contoh: قِياَمًا لَا قُعُوْدًا bentuk asalnya : قُمْ قِيَامًا لَا قُعُودًا.
3.         Mashdar yang berfungsi untuk do’a, contoh: سَقْيًا لَكَ bentuk asalnya: سَقَاكَ اللهُ.
4.         Mashdar yang jatuh sesudah استفهام dan mengandung ma’na celaan(التوبيخ) أَتَوَانِيًا وَقَدْ عَلَاكَ المَشِيْبُ؟ bentuk asalnya:أَتَتَوَانَى وَقَدْ عَلَاكَ المَشِيْبُ؟. Atau mengandung ma’na heran (التعجب): أَشَوْقًا؟ وَلَمَّا يَمْضِ لِى غَيْرُ ليلةٍ فَكَيفَ إِذا خَبَّ المَطِيَّ بِنَا عَشْرَا.
5.         Mashdar yang biasa didengarkan dan banyak dipergunakan, contoh: سَمْعًا وَطَاعَةً , عَجَبًا , حَمْدًا لِلهِ وَشُكْرًا
6.         Mashdar yang berfungsi merincikan perkataan sebelumnya atau menjelaskan akibat dan hasil perkataan sebelumnya, contoh: حَتَّى إِذَا اَثْخَنْتُمُوْهُمْ فَشُدُّوا الوَثَاقَ فَإِمَّا مَنَّا بَعْدُ وَإِمَّا فِدَاءً bentuk asalnya: حَتَّى إِذَا اَثْخَنْتُمُوْهُمْ فَشُدُّوا الوَثَاقَ فَإِمَّا تَمُنُّوْنَ مَنَّا بَعْدُ وَإِمَّا تَفْدُوْنَ فِدَاءً
7.         مصدر مؤكد لنفسه: mashdar yang terletak sesudah jumlah yang tidak mempunyai pengertian lain kecualisama dengan mashdarnya, contoh: لَهُ عَلَيَّ أَلْفٌ عُرْفًا bentuk lengkapnya لَهُ عَلَيَّ أَلْفٌ أَعْتَرِفُ عُرْفًا.
8.         مصدر مؤكد لغيره: mashdar yang terletak sesudah jumlah yang mengandung ma’na sama dengan mashdar dan juga mengandung ma’na lainnya sehingga dengan menyebutkan mashdar berarti ia menashobkan ma’na fi’ilnya: أَنْتَ ابْنِى حَقًّا bentuk asalnya أَنْتَ ابْنِى أَحُقُّهُ حَقًّا.
Blog, Updated at: 20.44

0 komentar:

Posting Komentar

Guna Pengembangan Blog ini admin mohon komentarnya_terimakasih.