المفعول المطلق
v المفعول المطلق : isim yang dibaca
nashob yang disebutkan setelah fi’il dari lafadz fi’il tersebut dan bertujuan
untuk:
1.
التّوكيد (mengukuhkan): حفِظتُ الدّرسَ حفظًا , وكلّم الله موسى تكليمًا
3.
مبيّنة العدد (menjelaskan bilangan): وقفتُ وقفتين , ضربتُ زيدًا ثلاثَ ضرباتٍ
4.
بدلاً من التَّلَفُّظِ بفعله (menghendaki ma’na
selain dari 3 di atas): صَبْرًا عَلَى الشَّدَاءِد.
v Dilihat dari segi ma’nanya, maf’ul muthlaq dibagi menjadi 2 yaitu:
1.
المُبْهَم: mashdar yang sama
ma’nanya dengan ma’na fi’ilnya tanpa tambahan atau pengurangan.
Adapun mashdar ini untuk menghendaki ma’na mengukuhkan, contoh: قُمْتُ قِيَامًا , ضَرَبْتُ اللَّصَّ ضَرْبًا atau untuk بدلاً من التَّلَفُّظِ بفعله, contoh: اِيْمَانًا لَا كُفْرًا , سَمْعًا وَ طَاعَةً.
Oleh karena itu tidak dibolehkan
mentatsniyahkan dan menjama’kan مصدر المبهم, karena pada bentuk المؤكد, mashdar jatuh pada tempat
pengulangan fi’il. Sedangkan pada bentuk بدلاً من التَّلَفُّظِ بفعله, mashdar menempati
tempat fi’il itu sendiri.
2.
المُخْتَص: mashdar yang ma’nanya
bertambah atas ma’na fi’ilnya untuk menghendaki ma’na menjeniskan ataupun
membilangkan.
v ‘Amil yang masuk pada المفعول المطلق:
1.
Fi’il
yang dapat ditashrif dengan sempurna: حَفِظْتُ الدَّرْسَ حِفْظًا.
2.
الصفة المشتققة: رَأَيْتُهُ مُسْرِعًا اِسْرَاعًا عَظِيْمًا.
3.
Mashdar:
فَمَنْ تَبِعَكَ مِنْهُمْ فَإِنَّ جَهَنَّمَ جَزَاؤُكُمْ جَزَاءً مَوْفُوْرًا.
أحكام المفعول المطلق
1.
Wajib dibaca nashob, seperti: اِغْتَسَلْتُ غُسْلًا.
2.
Wajib jatuh setelah ‘amil, bila المفعول المطلق bertujuan untuk mengukuhkan.
Bila المفعول المطلق
menjelaskan jenis atau bilangan, maka المفعول المطلق boleh disebutkan sebelum atau
sesudah ‘amil, kecuali bila المفعول المطلق
berupa استفهام
atau شرط
maka wajib mendahulukan المفعول المطلق
atas ‘amilnya.
3.
Boleh membuang ‘amilnya jika المفعول المطلق untuk menjelaskan jenis maupun
bilangan dan berkedudukan sebagai jawab/adanya dalil yang menunjukkan pada
‘amil, contoh: كم ضربتَ زيدًا؟ ضربتَيْنِ.
Adapun pada bentuk التأكيد tidak diperbolehkan membuang
‘amil المفعول المطلق.
Dikarenakan bila membuang ‘amil tersebut maka akan menafikan faedah menguatkan
dan mengukuhkan.
النائب عن المصدر
Kalimat yang bisa menjadi المفعول المطلق yaitu:
1.
اسم المصدر contoh: أَعْطَيْتُكَ عَطَاءً , سَلَّمْتُ سَلَامًا.
2.
Sifat
dari المفعول المطلق contoh: سِرْتُ أَحْسَنَ السَّيْرِ bentuk asalnya سِرْتُ سَيْرًا أَحْسَنَ السَّيْرِ. اُذْكُرُوا اللهَ كَثِيْرًا bentuk asalnya: اُذْكُرُوا اللهَ ذِكْرًا كَثِيْرًا.
3.
Dlomir
yang kembali pada mashdar contoh: فَإِنِّى أُعَذِّبُهُ عَذَابًا لآأُعَذِّبُهُ
أَحَدًا مِنَ العَالَمِيْنَ bentuk asalnya فَإِنِّى أُعَذِّبُهُ عَذَابًا لآأُعَذِّبُ
العَذَابَ أَحَدًا مِنَ العَالَمِيْنَ.
4.
Mashdar
yang bersinonim dengannya, contoh: قَعَدْتُ جُلُوسًا Lafadz الجلوس sama artinya dengan القعود.
5.
Kalimat
yang menunjukkan jenis, contoh: سِرْتُ سَيْرَ زَيْد , رَجَعَ القَهْقَرَى.
6.
Kalimat yang menunjukkan bilangan, contoh: فَاجْلِدُوهُمْ ثَمَانِيْنَ جَلْدَةً.
7.
Kalimat
yang menunjukkan alat suatu pekerjaan, contoh: رَشَقْتُ العَدُوَّ سَهْمًا..
8.
ما dan أي istifham, contoh: مَا أَكْرَمْتَ
خَالِدًا؟ , وَسَيَعْلَمُ الَّذِيْنَ ظَلَمُوا أَيَّ مُنْقَلَبٍ يَنْقَلِبُوْنَ.
9.
ما مهما أي الشرطيات yang
menjazemkan dua isim contoh: ماَ تَجْلِسْ أَجْلِسْ , مَهْمَا تَقِفْ أَقِفْ , أَيَّ سَيْرٍ تَسِرْ أَسِرْ.
10.
كل , بعض , أي الكمَالِيَّة yang dimudhofkan pada mashdar, contoh: فَلَا تَمِيْلُوا كُلَّ المَيْلِ , إِجْتَهَدْتُ أَّيَّ اجْتِهَادٍ , سَعِيْتُ بَعْضَ
السَّعْيِ.
11.
اسم الإشارة yang disifatkan/diisyarohkan
pada mashdar, contoh: أَكْرَمْتُهُ ذلك الِإكْرَام , قُلْتُ ذَلك القَوْلَ , هَلْ اِجْتَهَدْتَ
اِجْتِهَادًا حَسَنًا؟ اِجْتَهَدْتُ ذلِكَ.
المصدر النائب عن فعله
Yaitu mashdar yang berkedudukan sebagai pengganti fi’ilnya (بدلاً من التَّلَفُّظِ بفعله):
1.
Mashdar
yang menduduki tempatnya fi’il amar, contoh: صَبْرًا عَلَى الأَذَى فِى المَجد , بَلْهًا الشَّرّ.
2.
Mashdar
yang menduduki tempatnya fi’il nahi, contoh: قِياَمًا لَا قُعُوْدًا bentuk asalnya : قُمْ قِيَامًا لَا قُعُودًا.
3.
Mashdar yang berfungsi untuk do’a, contoh: سَقْيًا لَكَ bentuk asalnya: سَقَاكَ اللهُ.
4.
Mashdar
yang jatuh sesudah استفهام dan
mengandung ma’na celaan(التوبيخ) أَتَوَانِيًا وَقَدْ عَلَاكَ المَشِيْبُ؟ bentuk asalnya:أَتَتَوَانَى وَقَدْ عَلَاكَ المَشِيْبُ؟. Atau mengandung ma’na heran (التعجب): أَشَوْقًا؟ وَلَمَّا يَمْضِ لِى غَيْرُ ليلةٍ
فَكَيفَ إِذا خَبَّ المَطِيَّ بِنَا عَشْرَا.
5.
Mashdar
yang biasa didengarkan dan banyak dipergunakan, contoh: سَمْعًا وَطَاعَةً , عَجَبًا , حَمْدًا لِلهِ
وَشُكْرًا
6.
Mashdar
yang berfungsi merincikan perkataan sebelumnya atau menjelaskan akibat dan
hasil perkataan sebelumnya, contoh: حَتَّى إِذَا اَثْخَنْتُمُوْهُمْ فَشُدُّوا
الوَثَاقَ فَإِمَّا مَنَّا بَعْدُ وَإِمَّا فِدَاءً bentuk asalnya: حَتَّى إِذَا اَثْخَنْتُمُوْهُمْ فَشُدُّوا
الوَثَاقَ فَإِمَّا تَمُنُّوْنَ مَنَّا بَعْدُ وَإِمَّا تَفْدُوْنَ فِدَاءً
7.
مصدر مؤكد لنفسه: mashdar yang terletak
sesudah jumlah yang tidak mempunyai pengertian lain kecualisama dengan
mashdarnya, contoh: لَهُ عَلَيَّ أَلْفٌ عُرْفًا bentuk lengkapnya لَهُ عَلَيَّ أَلْفٌ أَعْتَرِفُ عُرْفًا.
8.
مصدر مؤكد لغيره: mashdar yang terletak
sesudah jumlah yang mengandung ma’na sama dengan mashdar dan juga mengandung
ma’na lainnya sehingga dengan menyebutkan mashdar berarti ia menashobkan ma’na
fi’ilnya: أَنْتَ ابْنِى حَقًّا bentuk asalnya أَنْتَ ابْنِى أَحُقُّهُ حَقًّا.
0 komentar:
Posting Komentar
Guna Pengembangan Blog ini admin mohon komentarnya_terimakasih.